Pembuatan Multimedia Interaktif, Games Edukasi dan Video e-Learning dalam Mendukung Industri Kreatif pada Program Revitalisasi SMK Negeri 1 Cimahi

Aplikasi E-Learning Tata Nilai 6C

Program Revitalisasi yang dicanangkan Pemerintah melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2016 diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu SMK. Sejalan dengan itu, dalam rangka Program Revitalisasi tersebut SMK Negeri 1 Cimahi melaksanakan berbagai aspek, yaitu Pengembangan dan Penyelarasan Kurikulum, Standarisasi Sarana dan Prasarana Utama, Inovasi Pembelajaran, Kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri, serta Perguruan Tinggi, Pemenuhan dan Peningkatan Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Pengelolaan dan Penataan Kelembagaan .

Untuk aspek Inovasi Pembelajaran, dalam rangka melaksanakan kegiatan Program Teaching Factory dan Pengembangan Kompetensi siswa, SMKN 1 Cimahi melalui paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak telah telah melakukan kerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) melalui Pertamina Corporate University.

Kegiatan ini berawal dari surat undangan untuk perwakilan Guru dari SMK Negeri 1 Cimahi, khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak untuk hadir dalam pembahasan pengembangan materi e-learning yang dikemas dalam bentuk media yang lebih interaktif.

Ketertarikan PT. Pertamina (Persero) untuk berkerja sama dengan paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak diawali ketika mereka hadir pada kegiatan Open House sekitar tanggal 9 Februari 2016 di SMK Negeri 1 Cimahi dan melihat hasil karya siswa yang telah dibuat, dilanjutkan dengan pertemuan kecil untuk berdiskusi terkait perkembangan media interaktif.

Pada pertemuan berikutnya pihak pertamina mempresentasikan website e-learning yang sudah ada dan ingin mengembangkan website tersebut agar lebih menarik dengan menggunakan teknologi terkini. Pertemuan tersebut di laksanakan di PatraJasa Dago yang juga dihadiri oleh beberapa perusahaan dan dari beberapa universitas. Pada intinya pihak yang hadir pada pertemuan tersebut mengajukan proposal untuk melakukan pengembangan/perubahan website e-learning PT. Pertamina (Persero), dan dengan berbagai pertimbangan Tim RPL – SMK Negeri 1 Cimahi terpilih untuk mengerjakan proyek tersebut.

Pertemuan dengan pihak PT. Pertamina (Persero)

Salah satu kelebihan yang dimiliki Tim RPL– SMK Negeri 1 Cimahi dalam pengerjaan proyek ini karena memiliki sumber daya manusia yang banyak dan dari sisi kompetensi siswa RPL SMK Negeri 1 Cimahi tidak kalah bersaing dengan mahasiswa dan pegawai profesional. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan dalam menyelesaikan proyek ini dengan mendapatkan apresiasi yang baik dari Pihak Pertamina bahwa produk smk tidak kalah bersaing dengan produk dari perusahaan – perusahaan IT yang sudah berjalan saat ini.

Pada Tanggal 20 Juni 2016, pihak Pertamina kembali mengadakan pertemuan dalam rangka pengembangan materi e-learning Pertamina Corporate University, yang dihadiri oleh Tim RPL– SMK Negeri 1 Cimahi dan juga perwakilan dari beberapa perusahaan. Pada kesempatan tersebut Tim RPL– SMK Negeri 1 Cimahi menampilkan beberapa karya siswa terkait aplikasi dan multimedia interaktif yang berbentuk kuis dan games. Setelah beberapa kali presentasi dalam waktu yang berbeda, tim RPL-SMK Negeri 1 Cimahi terpilih kembali untuk mengerjakan pengembangan materi training modul VBDP F28 ini.

Koordinasi dengan team dosen Pertamina Corporate University

Dalam pengerjaannya  proyek ini melibatkan siswa tingkat IV dan siswa tingkat III. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena siswa bisa merasakan bagaimana proses berjalannya sebuah proyek dan ikut terlibat kedalam proyek tersebut. Tidak hanya itu, siswa juga mempresentasikan hasil pekerjaannya kepada Pihak Pertamina dan ternyata mendapatkan apresiasi karena mampu menyampaikannya dengan baik.

Proyek yang telah dikerjakan oleh Tim RPL– SMK Negeri 1 Cimahi diantaranya 6 Modul Interaktif dan 6 Games Edukasi terkait Tata Nilai 6C Pertamina serta 5 modul Video e-learning dan produk-produk tersebut kini sudah digunakan oleh Pertamina.

Pengarahan pihak pertamina terhadap siswa RPL

Tim PT. Pertamina (Persero)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =