Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK kurikulum 2013

Bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan dengan pembelajaran berbasis teks, penghela merupakan penarik atau sebagai dasar masuknya ilmu pengetahuan serta sebagai pendistribusi kompetensi dasar ke kompetensi dasar lainnya. Melalui bahasa Indonesia, siswa dapat mempelajari ilmu pengetahuan, dalam hal ini bahasa Indonesia dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan serta mengomunikasikan berbagai ilmu pengetahuan. Bahasa dijadikan sebagai pendistribusi maksudnya pembelajaran bahasa Indonesia dapat dijadikan topik dasar untuk mengalihkan ke topik lain dengan mata pelajaran yang berbeda yang erat sekali dengan pembelajaran berbasis teks terpadu pada kurikulum 2013.

Pembelajaran berbasis teks dalam mata pelajaran bahasa Indonesia lebih menekankan pada siswa untuk memahami berbagai jenis teks dan menuntut siswa untuk mahir menulis.  Di kelas XI terdapat teks : laporan hasil observasi; eksposisi; anekdot; hikayat; negosiasi; debat; biografi; puisi. Di kelas XI terdapat teks prosedur; eksplanasi; ceramah; cerpen; proposal; karya ilmiah; resensi; drama. Di kelas XII terdapat surat lamaran; teks cerita sejrah; editorial; novel; artikel dan esi. Di dalam teks-teks tersebut diajarkan pula unsur-unsur . Dengan demikian siswa dituntun untuk terampil dalam membaca dan diakhiri dengan keterampilan menulis.

Bahasa Indonesia  sebagai bahasa persatuan, bahasa negara, bahasa ilmu pengetahuan terutama di negara kesatuan Republik Indonesia harus dipahami oleh semua lapisan warga negara Indonesia.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 2 =